Dok. PT. PLN |
www.sditarrahmahlumajang.sch.id - Untuk
mendukung kebijakan pemerintah pusat dalam mengantisipasi dampak
ekonomi akibat virus corona atau Covid-19, PT. Perusahaan Listrik Negara
(PLN) telah membebaskan biaya tarif listrik bagi 24 juta pelanggan
rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50
persen kepada 7 Juta pelanggan rumah tangga bersubidi 900 VA di seluruh
Indonesia yang terdaftar pada Basis Data Terpadu (BDT) untuk Program
Perlindungan Sosial.
“Saat ini, PT. PLN telah menyiapkan
mekanisme atau tata cara untuk pelanggan penerima bisa menikmati program
pembebasan dan diskon 50 persen untuk pembayaran listrik mulai April
hingga Juni 2020 mendatang,” kata Manajer PLN ULP Lumajang Hendik
Purwahyudi saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat
(3/4/2020).
Hendik juga mengatakan, bahwa untuk
pelanggan rumah tangga 450 VA Pasca-bayar akan langsung dibebaskan
tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Sementara, untuk
pelanggan Pra-bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID
Pelanggan ke platform media sosial Whastapp dengan Nomor 08122-123-123
atau melalui website resmi PLN www.pln.co.id. Dengan ID tersebut,
nantinya pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi
dalam tiga bulan terakhir.
Sedangkan, diskon tarif untuk pelanggan
subsidi 900 VA bagi pelanggan Pasca-bayar, rekening yang harus
dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50%. Sementara, bagi
pelanggan Pra-bayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan
kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga
bulan terakhir.
Saat dikonfirmasi, Hendik juga
menjelaskan, bahwa untuk dapat menikmati program tersebut, masyarakat
dapat mengikuti mekanisme sebagai berikut :
Pertama, Mekanisme melalui website, dengan cara:
- Buka Alamat www.pln.co.id, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
- Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter, kemudian Token Gratis akan ditampilkan pada Layar.
- Selanjutnya, pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Kedua, pelanggan juga dapat mengakses platform media sosial Whastapp yang telah disediakan, dengan cara :
- Buka Aplikasi WhatsApp
- Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
- Token gratis akan muncul
- Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Lanjut dia, dengan ID pelanggan
tersebut, nantinya pelanggan PLN akan mendapatkan token senilai
pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Dan, proses tersebut akan
tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang
digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.
"Proses pembagian Token Bebas Tagihan
dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada
tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang
berhak sudah bisa menikmati program ini," jelasnya.
Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga
menyediakan layanan pengaduan melalui kontak center dengan nomor telepon
0334-123, jika dalam realisasi program tersebut masyarakat mengalami
kendala.
“Tentunya dalam pelaksanaannya nanti
pasti ada kendala-kendalam di lapangan, terutama bagi pelanggan
Pra-bayar/listrik pulsa/token yang tidak mempunyai akun platform
Whatsapp atau yang sulit terhubung ke Internet. Jadi, kami menyediakan
kontak center agar masyarakat dapat menyampaikan kendala yang dihadapi,”
imbuhnya.
Dirinya juga berharap, agar nantinya
pelanggan atau masyarakat bisa saling bantu untuk mendapatkan token
pulsa gratis/diskonnya, sehingga masyarakat penerima program tersebut
juga dapat menikmati manfaatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah memberikan masukan