SEJARAH

Yayasan Islamic Center Ar Rahmah adalah salah satu yayasan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, keagamaan yang ada di Desa Tukum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang. Pada awal berdiri, yayasan ini hanya menggarap bidang sosial dan keagamaan saja (bidang dakwah). Amal dakwah yang pertama didirikan adalah Daarul Aitam (Panti Asuhan untuk Anak-anak yatim dan fakir miskin), Klinik Kesehatan, dan Masjid Asy-Syafi'iyah Tukum. Ketiga lembaga di bawah yayasan Islamic Center Ar Rahmah ini mampu bertahan hingga tahun 1995-an.Selain kegita amal usaha di atas, ada satu lagi yang menyusul kemudian, yaitu Madrasah Tsanawiyah Terpadu (MTsT) Ibnu Abbas yang berdiri tahun 1990-an. 

Pada perkembangan berikutnya, klinik kesehatan mulai kurang peminat. Hal ini karena kader kesehatan yang ada, terutama dokter dan perawat banyak yang mendapatkan amanah di tempat lain. Akhirnya tahun 1994 didirikanlah TK Islam Terpadu (TKIT) Ar Rahmah Tukum menempati gedung Klinik Kesehatan Ar Rahmah. TKIT Ar Rahmah berkembang sangat pesat, antusias warga sekitar ditambah jama'ah pengajian yang dirintis oleh Dewan Pembina Yayasan cukup besar. TKIT Ar Rahmah pun menjadi sekolah favorit di Kecamatan Tekung. 

Melihat dukungan masyarakat yang sangat bagus itulah, dan dengan dorongan beberapa wali murid untuk mendirikan lembaga setingkat SD/MI sebagai kelanjutan pendidikan di TKIT Ar Rahmah, maka melalui musyawarah yang sangat serius akhirnya disepakati akan mendirikan sekolah dasar, yang kemudian diberi nama Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar Rahmah Tukum.
Sekolah baru ini belum mempunyai gedung sendiri, tetapi memanfaatkan gedung MTsT Ibnu Abbas yang sudah tidak digunakan lagi.
Gedung MTsT Ibnu Abbas yang dialihfungsikan menjadi SDIT Ar Rahmah

SD Islam Terpadu Ar Rahmah Tukum secara resmi berdiri pada tanggal 20 Mei 1997. Amanah Kepala Sekolah pertama diemban oleh Ustadz Arif Budiman. Adapun dewan asatidz yang mengawal sejak awal adalah Ustadzah Evi Tri Wulandari dan Ustadzah Maisyaroh. Semua pengurus harian yayasan, dewan pembina, dewan pengawas, asatidz blusukan mencari siswa, dibantu oleh tokoh masyarakat setempat. Walhasil, generasi pertama SDIT Ar Rahmah berjumlah 18 orang siswa. Nanti di kelas 4 ada mutasi siswa baru dari luar kota sebanyak 3 orang, sehingga jumlah siswa SDIT Ar Rahmah angkatan pertama menjadi 21 orang siswa.

Ustadz Arif Budiman hanya bisa mengemban amanah selama 2 tahun saja, karena beliau diterima menjadi PNS di Departemen Kehutanan. Maka sebagai gantinya, Ustadz Imam Rofiq melanjutkan estafet kepemimpinan ini untuk mengawal perjalanan lembaga baru ini. Ustadz Imam Rofiq memimpin dengan penuh kesabaran selama 6 tahun, yaitu sampai tahun 2006. Suka dan duka dilalui bersama. Pada tahun kedua, bergabung bersama SDIT Ar Rahmah Ustadzah Riwayati, Ustadz Subianto, Ustadzah Nur Wahyu Esti. Tetapi harus diikhlaskan juga, founding SDIT Ar Rahmah, Ustadzah Evi Tri harus ikhlas mengemban amanah baru di Pasirian, mengembangkan lembaga baru di sana.
Gedung SDIT Ar Rahmah sebelah selatan (bangunan tambahan)
Kepercayaan masyarakat kepada lembaga baru ini cukup bagus, pada tahun ketiga dan seterusnya jumlah siswa sudah mencapai lebih dari 30 orang per kelas. Hal ini karena jerih payah para pendahulu, yang berkorban jiwa raga bahkan harta untuk lembaga ini. Berbagai prestasi mampu diraih, baik prestasi akademik maupun non akademik. Selain itu, program unggulan SDIT Ar Rahmah adalah Tahfidzul Qur'an mampu menjadi magnet bagi wali murid.

Tahun 2006, ustadz Imam Rofik mendapat amanah baru di tempat lain, sehingga amanah Kepala Sekolah dilimpahkan kepada Ustadz Gigih Prihantono, S.Sos, beliau memimpin SDIT Ar Rahmah sejak tahun 2006 hingga tahun 2015. Berbagai perbaikan dilakukan, pembinaan terhadap guru dan siswa, terutama dari sisi ruhiyah, akhirnya mengantarkan SDIT Ar Rahmah menjadi salah satu sekolah favorit di Kecamatan Tekung, bahkan di Kabupaten Lumajang.

Pertengahan tahun 2015 ada pergantian amanah besar-besaran di Yayasan Ar Rahmah, Ust. Gigih diberi amanah menjadi Ketua Yayasan yang baru. Berikutnya kepemimpinan SDIT Ar Rahmah diberikan kepada Ustadzah Elok Ida Kurniati, S.Pd. Beliau memimpin SDIT Ar Rahmah selama kurang lebih 3,5 tahun (2015-2019). Pertengahan tahun 2019 ada perubahan amanah lagi. Kepemimpinan SDIT Ar Rahmah dipegang oleh Ust. Nurwanto, S.Pd, yang sebelumnya beliau adalah Kepala SMAIT Ar Rahmah. 

Dengan berbagai prestasi, terutama prestasi Al Qur'an dan akhlak, maka SD ini mampu menyentuh hati para orang tua. Jumlah kelas per jenjang sudah 2 rombel, dengan banyak siswa per rombel rata-rata 28 sampai 33 orang. Semoga perkembangan lembaga ini bersamaan dengan ridho dan barokah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Aamiin. (admin)  
Desain Oleh Masnur Masnur Belajar | Spesial Buat SDIT Ar Rahmah