Pemasangan Lubang Resapan Biopori untuk Atasi Genangan Air saat Hujan

Pemasangan Lubang Bipori oleh Tim dari DLH
www.sditarrahmahlumajang.sch.id - Setiap musim hujan, halaman depan sekolah pasti air menggenang, bisa sampai selutut. Sebenarnya berkah buat anak-anak, karena menjadi arena bermain air yang sangat mengasyikkan. Tetapi cukup berbahaya untuk kesehatan, he he he ..... Sebenarnya sudah dibuatkan 3 resapan air, tapi masih belum memadai. 

Dengan izin Allah, Alhamdulillah sekolah mendapat bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup berupa pemasangan lubang resapan biopori. Lubang Resapan Biopori atau biasa disebutlubang biopori” merupakan metode alternatif untuk meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah. ... Biopori yang terbentuk akan terisi udara dan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. 


Lubang Resapan Biopori berupa sebuah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah. Lubang ini akan memicu munculnya biopori secara alami di dalam tanah. 
Prinsip kerja lubang peresapan biopori sangat sederhana. Lubang yang kita buat, kemudian diberi sampah organik yang akan memicu biota tanah seperti cacing dan semut dan akar tanaman untuk membuat rongga-rongga (lubang) di dalam tanah yang disebut biopori. Rongga-rongga (biopori) ini menjadi saluran bagi air untuk meresap kedalam tanah.

Sebanyak 20 titik Lubang biopori dipasang di halaman sekolah. Proyek ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2020. Semua tinganani langsung oleh tim ahli dari DLH. Luar biasa, tim bekerja mulai pukul 08.00 sampai selesai.

Semoga dengan pemasangan Lubang Biopori ini, air yang menggenang di halaman sekolah kami segera teratasi. terima kasih kepada semua pihak yang telah mengupayakan program ini. Semoga berkah.







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan masukan

Desain Oleh Masnur Masnur Belajar | Spesial Buat SDIT Ar Rahmah