Keteladanan Orang Tua dalam Mendidik Anak

www.sditarrahmahlumajang.sch.id - BANYAK orang tua yang mengiginkan anaknya menjadi shalih sehingga mereka berlomba-lomba mengikuti berbagai seminar parenting, menyekolahkan si buah hati di sekolahan terbaik, ataupun memberikan berbagai macam fasilitas untuk menunjang pendidikan sang buah hati. Namun yang jangan dilupakan adalah keteladanan orang tua dalam mendidik anak.


Karena pada faktanya banyak para orang tua yang akhirnya kesulitan mencetak dan mendidik anak-anak mereka sesuai cita-cita. Bisa jadi karena mereka tidak paham soal keteladanan orang tua dalam mendidik anak.

Tak jarang ditemukan anak-anak yang bersikap jauh dari sopan dan adab. Bahkan cenderung berani terhadap orang tua dan gurunya sendiri. Masih teringat kisah seorang murid di Madura yang berani menganiaya gurunya hingga menyebabkan sang guru tewas karena tak terima ditegur saat menganggu teman-temannya yang sedang belajar.

Pun kita temukan beberapa kasus seorang anak yang melawan orang tuanya sendiri, tidak mau mendengarkan nasihat, suka menghardik maupun gampang membantah. Hingga berujung pelampiasan kepada teman diluar, melalui aksi tawuran ataupun kekerasan pelajar.

Realitas remaja zaman now juga sudah di luar batas kewajaran. Seks bebas, mengunggah video alay dan berlomba-lomba mengikuti berbagai challenge kekinian hingga berbagai pola tingkah laku yang mudah terbawa arus globalisasi tak segan mereka lakukan. Parahnya, mereka tak lagi menganggap hal itu tabu.

Jika menilik salah satu penyebab itu semua adalah hilangnya keteladanan orangtua pada anak sejak dini. Pasalnya, kesibukan dalam dunia kerja telah memalingkan orang tua dari kewajiban mengasuh dan mendidik anak. Tidak ada keteladanan orang tua dalam mendidik anak.

Sebagai ganti, orangtua sering kali memberi fasilitas smartphone untuk mengisi hari-hari anak. Padahal, berbagai informasi dan ekspresi liar dapat mereka temukan di media sosial. Apalagi jika keimanan anak lemah, bisa dipastikan mereka tak mampu selektif dalam menerima informasi. Walhasil, bukan solusi yang mereka dapatkan namun problematika baru yang justru menjadi bumerang. Padahal keteladanan orang tua dalam mendidik anak sangat penting.

Meluruskan Visi-Misi Orangtua

Permasalahan yang sangat kompleks ini tak bisa diselesaikan dengan cara instan. Maka sejak awal pernikahan, selayaknya orangtua sudah memiliki visi dan misi dalam mendidik anak.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh orangtua ketika sedari awal telah berniat mengambil peran tersebut:

Pertama, yang perlu diingat oleh orangtua adalah bahwa sejak anak dilahirkan, mereka telah memiliki predikat sebagai khoiru ummah (umat terbaik) yang mengajak pada kebaikan.

Sebagaimana yang tersurat dalam QS. Al-Imran: 110, “Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, karena kamu menyuruh berbuat yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.” Dari sini, seharusnya orangtua termotivasi untuk mencetak anak-anak yang siap menyeru pada kebaikan, bukan sebaliknya.

Kedua, para orangtua sudah seharusnya takut seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, sebagaimana hal tersebut dijelaskan dalam QS. An-Nisa: 9, “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap kesejahteraannya.”

Dengan semua ini, maka semestinya para orangtua mencurahkan segala daya dan upaya untuk mendidik anak yang kuat iman, ilmu, amal dan fisik. Keteladanan orang tua dalam mendidik anak berperan penting membentuk mereka menjadi generasi yang tangguh.

Selanjutnya ada dua cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mencetak generasi tangguh.

Pertama, orangtua perlu menanamkan kepribadian Islam pada diri anak. Yaitu, anak dididik untuk menjadikan aqidah Islam sebagai landasan berpikirnya dan senantiasa menjadikan standar perbuatannya terikat pada hukum syara’.

Kedua, orangtua harus senantiasa menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada anak. Sehingga anak tidak mudah menjadi follower keburukan, tetapi anak menjadi leader untuk kebaikan. Namun semua itu bermuara dari keteladanan orang tua dalam mendidik anak.

Tak cukup hanya itu saja, untuk kesuksesan orang tua dalam memberikan keteladanan terbaik bagi anak demi mewujudkan generasi yang tangguh, perlu sinergi dari berbagai pilar pendidikan.

Karena keberadaan orangtua yang merupakan bagian dari keluarga teramat berat memikul pendidikan generasi, jika tidak dibarengi dengan tegaknya pilar pendidikan lainnya, yaitu masyarakat dan negara. Peranan masing-masing pilar tersebut adalah:

1. Keluarga. 

Di dalam keluarga, orangtua perlu memberi keteladanan orang tua dalam mendidik anak dalam segala hal, dimulai dari:

a. Kepatuhan kepada Allah baik dalam urusan ibadah, muamalah, pergaulan dan berbagai masalah kehidupan lainnya.

b. Mewujudkan keshalihan terlebih dahulu di dirinya dalam bentuk bersegera melaksanakan syariat Allah, berakhlaqul karimah, mencintai ilmu, menjaga diri dan sebagainya. Hingga semua itu akan membentuk kebiasaan yang baik pada anak.

c. Kelembutan dan kasih sayang. Dengan kelembutan dan kasih sayang yang didapatkan dari orangtua, maka hal itu akan melekat kuat dan membentuk sikap jiwa yang produktif bagi anak.

d. Kepedulian terhadap umat hingga semangat memperjuangkan agama Allah. Sebagaimana dalam firman Allah dalam QS Al Hujurat (49) : 10 “Sesungguhnya kaum mukmin itu bersaudara.” Ayat ini mengajak sesama kaum mukmin untuk saling peduli, mengerti kondisi satu sama lain, tak cuek ataupun individualis.

Di sinilah pentingnya keteladanan orang tua dalam mendidik anak sehingga orang tua tak hanya menyibukkan diri pada urusan pribadi saja. Selain memberi teladan sikap peduli terhadap umat, para orangtua harus memberikan contoh langsung semangat dan perjuangan menegakkan agama Allah.

2. Masyarakat. 

Keberadaan masyarakat yang kondusif dalam mencetak generasi tangguh teramat penting. Masyarakatlah yang akan mengokohkan pendidikan anak yang telah diperoleh dalam keluarga. Sebaliknya jika masyarakat buruk, masyarakatlah yang akan meruntuhkan pendidikan anak yang telah diterima dalam keluarga. Karena, keluarga adalah bagian dari masyarakat.

3. Negara. Negara harus menjamin kesejahteraan masyarakat, agar orangtua dapat fokus mendidik anak. Di samping itu, negara pula yang menjamin keberlangsungan sistem pendidikan yang kondusif.

Maka ini semua akan sangat mudah diwujudkan jika para orangtua mau berbenah, menata ulang kembali visi misi mereka serta ikut mewujudkan kondisi pendidikan ideal dengan tegaknya tiga pilar. Hingga akhirnya mereka mampu memberikan teladan terbaik bagi sang buah hati dan menghasilkan generasi tangguh nan cemerlang dambaan surga yang siap memimpin masa depan. Wallahua’lam. */ Dini Prananingrum, dinie.azzahra@gmail.com

Sumber : https://www.islampos.com/keteladanan-orang-tua-dalam-mendidik-anak-239548/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan masukan

Desain Oleh Masnur Masnur Belajar | Spesial Buat SDIT Ar Rahmah