Kenalkan sekolah kepada siswa baru melalui MPLS

www.sditarrahmahlumajang.sch.id - Liburan sekolah sudah usai, saatnya bersiap menyambut tahun ajaran baru. Bagi yang tahun ini akan naik kelas, tinggal “mengulang” hari pertama sekolah seperti tahun ajaran baru sebelumnya. Tapi apa kabar, nih, buat yang baru aja naik tingkat alias baru jadi siswa SD, ya terutama SDIT Ar Rahmah?

Masuk ke lingkungan baru, tentunya bikin terpapar dengan berbagai hal-hal baru (bukan cuma mata pelajaran!) dan mau tidak mau siswa baru harus bisa beradaptasi di dalamnya. Tidak heran meskipun kegiatan belajar mengajar (KBM) belum 100% aktif, hari-hari pertama tahun ajaran baru terasa lebih melelahkan. Hal inilah yang melatarbelakangi kami harus mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan untuk memperkenalkan almamater kepada para siswa, terutama peserta didik baru. Bukan hanya perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah, tapi juga pengenalan berbagai macam kegiatan rutin serta komponen sekolah lain berupa aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.

Ketua panitia MPLS SDIT Ar Rahmah, Ust. Zainal Mustofa menuturkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan potensi dan bakat-bakat di internal SDIT Ar-Rahmah dan menjadikan wadah atau  jembatan kreatititas atau prestasi dibidangnya masing-masing guna membentuk para siswa baru yang penuh dedikasi, loyalitas, disiplin, bertaqwa dan bertanggung jawab, dan kami harapkan agar momentum ini dijadikan barometer dan langkah awal menuju sebuah dinamisasi dalam sebuah institusi pendidikan khususnya di SDIT Ar-Rahmah.

Kegiatan MPLS di SDIT Ar Rahmah berlangsung selama 3 hari, yaitu hari Senin s.d Rabu tanggal 15 s.d 17 Juli 2019. Jumlah peserta yang ikut sebanyak 57 siswa, ditambah sekolah mitra sebanyak 14 orang, sehingga keseluruhan berjumlah 71 orang. Peserta adalah peserta didik baru kelas 1 tahun pelajaran 2019/2020. Tempat kegiatan di ruang kelas masing-masing bersama Wali Kelas dan guru pendamping.
Mengenalkan sholat dhuha pada peserta didik baru

Di hari pertama, kegiatan diawali dengan apel bersama. Setelah itu peserta diajak saling mengenal dengan temannya, mengenal gurunya, dan mengenal lingkungan internal sekolah. Banyak kegiatan yang bersifat permainan/game. Hari kedua, peserta diajak mengenal lingkungan sekitar sekolah dan mengenalkan kegiatan kesiswaan (ekstrakurikuler dan program khusus sekolah). Dan di hari terakhir, peserta diajak mengenal lingkungan yayasan dan batas-batas bermain, serta mengenalkan tata tertib siswa, dan ditutup dengan kegiatan makan bersama.

Kegiatan berjalan dengan lancar, tertib dan sesuai jadwal. Wali Kelas 1, Ustadzah Siti Maisaroh dan Ustadzah Akhadiyah mengawal kegiatan selama tiga hari ini dengan penuh semangat, sehingga antusias peserta didik luar biasa. Semoga kegiatan ini memberi manfaat kepada anak-anak, sehingga di hari berikutnya semua siswa sudah siap mengikuti proses belajar di SDIT Ar Rahmah. 



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan masukan

Desain Oleh Masnur Masnur Belajar | Spesial Buat SDIT Ar Rahmah