KABAR BAIK, SATU PASIEN POSITIF CORONA DI KABUPATEN LUMAJANG DINYATAKAN SEMBUH

Foto : Dok. Kominfo-lmj


www.sditarrahmahlumajang.sch.id - Satu pasien Positif Covid-19 Inisial AZ asal Kecamatan Randuangung dinyatakan sembuh oleh pihak RSUD dr. Haryoto Lumajang, Rabu (15/4/2020). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Ignasius Wibowo dihadapan beberapa awak media.

"Jadi itu adalah kerjasama dan kerja keras dari teman-teman di rumah sakit dr. Haryoto dan kerja sama semua pihak sehingga pada hari ini untuk pertama kalinya rumah sakit ini atau yang terkena Covid-19 sudah dinyatakan sembuh, semoga yang lain akan menyusul," paparnya.

dr. Bayu berharap meskipun sudah ada yang dinyatakan sembuh, masyarakat tetap waspada dengan penyebaran virus yang mudah menular tersebut. dr. Bayu tetap mengimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker sebagai bentuk langkah antisipatif pencegahan Covid-19.

"Ini adalah penyakit menular dari orang ke orang, dan penularan melalui droplet, sehingga yang paling aman dari kita adalah kita pakai masker, masker yang aman, yang benar. Kalau masker yang benar jadi tidak hanya mulutnya tapi hidungnya," ujar dr. Bayu.

Sementara Direktur RSUD dr. Haryoto Kabupaten Lumajang, dr. Halimi Maksum menjelaskan AZ pertama menjalani perawatan di RSUD dr. Haryoto sejak tanggal 19 Maret 2020 dan dirawat di ruang isolasi Alamanda selama 3 hari. Dari hasil pemeriksaan, secara klinis kondisinya membaik, namun tetap dilakukan swab test. 6 hari kemudian hasil swab test keluar dengan hasil yang positif.

AZ menjalani serangkaian perawatan oleh tim medis RSUD dr. Haryoto hingga dinyatakan negatif setelah 2 kali melakukan test.

"Melalui berbagai macam perawatan di sini dan dilakukan test sebanyak 2 kali hasilnya negatif, pada tanggal 6 April 2020 dan 9 April 2020 hasil kemarin rilis negatif secara kriteria bisa dinyatakan sembuh dari proses perawatan," terangnya.

Disisi lain, Dokter Spesialis Paru yang menangani AZ, dr. Dwi Yulianti, Sp.P., mengatakan dalam saat menjalani perawatan pihaknya tidak memberikan obat-obatan secara spesifik karena kondisinya baik.

"Tidak ada obat yang spesifik sebetulnya ya karena ini waktu yang kedua kondisinya membaik, jadi waktu yang kedua kita hanya memberikan vitamin-vitamin," ujarnya.

dr. Dwi Yulianti menyampaikan hari ini pasien AZ akan diantarkan pulang, meskipun sudah dinyatakan sembuh, AZ masih harus menjalani isolasi secara mandiri di rumah selama satu minggu supaya kondisinya benar-benar membaik.
(Kominfo-Lmj/fd)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan masukan

Desain Oleh Masnur Masnur Belajar | Spesial Buat SDIT Ar Rahmah