Kemah Arofah 2019, Kenalkan Ibadah Haji Sedini Mungkin

www.sditarrahmahlumajang.sch.id - Hari raya Idul Adha 1440 H/2019 M kali ini diperingati oleh SDIT Ar Rahmah dengan beragam kegiatan, diantaranya adalah Kemah Arofah, Takbir Keliling,  Sholat Idul Adha berjamaah, dan Penyembelihan Hewan Quran. Khusus kemah Arofah adalah kegiatan perdana. Kegiatan ini didesain sebagai miniatur pelaksanaan ibadah haji, dengan tujuan mengenalkan sedini mungkin rukun Islam yang kelima, ibadah haji.

Pada saat jamaah Haji seluruh dunia melaksanakan wukuf di Arofah tanggal 9 Zulhijjah, maka SDIT Ar Rahmah mengadakan kegiatan perkemahan arofah.  Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 malam 3 hari, dimulai hari Jum'at, 9 Agustus 2019 hingga Ahad, 11 Agustus 2019. Bertempat di lapangan SDIT Ar Rahmah, peserta terdiri dari semua peserta didik kelas 5 dan 6 sejumlah 120 orang. 

Penyematan tanda peserta
Kegiatan ini dimulai hari Jum'at pukul 14.00 WIB, prepare pendirian tenda dan penentuan kelompok, sholat Ashar, setelah sholat Ashar upacara pembukaan. Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Kepala SDIT Ar RAhmah, Ust. Nurwanto, S.Pd. Malam harinya diisi dengan pemutaran film kisah perintah Haji dan Qurban (Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail) dipandu oleh Ustd. Inin Fariana, kemudian istirahat.

Manasik Haji
Pukul 02.30, peserta sudah bangun untuk melaksanakan sholat malam. Pukul 03.30 makan sahur, besoknya semua peserta melaksanakan puasa Arofah, dilanjutkan sholat Shubuh berjamaah. Di hari kedua, agendanya adalah Mansik Haji. Kegiatan ini dipandu oleh KH. Muhammad Darwis, salah satu dewan pembina Yayasan Ar Rahmah. Antusis sekali peserta, hingga menjelang dzuhur kegiatan berjalan dengan lancar. Bakda dzuhur dilanjutkan dengan Khutbah Arofah yang disampaikan oleh Ust. H. Habib Muttaqin.

Malam hari Raya semua peserta mengikuti takbir keliling yang diadakan oleh Takmir Masjid Riyadhotul Muttaqin Tukum. Simak beritanya lengkap di sini : http://www.sditarrahmahlumajang.sch.id/2019/08/sdit-ar-rahmah-juara-3-lomba-takbir.html   
        
Esok hari pada tanggal 10 Zulhijah 1440 Hijriah, bertepatan dengan hari Ahad 11 Agustus 2019 sholat Idul Adha dilaksanakan di halaman Ar Rahmah bersama masyarakat berbaur menjadi satu. Seusai sholat Idul Adha peserta pulang.



Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi SDIT Ar Rahmah, semoga dengan kegiatan ini Siswa-siswi memiliki semangat untuk melaksanakan haji kelak saat dewasa. (Panitia Kemah Arofah). 

3 komentar:

  1. Alhamdulillah.. Barakallah u SDIT Ar Rahmah yg sukses melaksanakan serangkaian kegiatan dlm rangka Idul Adha. Smg anak2 sejak dini sdh bercita2 u berhaji. Dan sllu semangat mnjaga keikhlasan dlm berkurban seperti yg dicontohkan oleh nabi Ismail..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah Sdit Arrahmah semakin maju,semoga menjadi berkah bagi semua ��

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan masukan

Desain Oleh Masnur Masnur Belajar | Spesial Buat SDIT Ar Rahmah